Friday, June 29, 2012

MARTABAK


Bagi saya martabak udah jadi makanan favorit, 1 bulan tanpa martabak rasanya tak lengkap, saya lebih suka martabak manis daripada martabak asin/telor, terutama rasa keju dan rasa kacang cokelat, pokonya rasanya mantappppps. Martabak manis dibuat dengan adonan kulit berasa manis dengan isian bermacam-macam, bisa manis maupun gurih, kulitnya tebal bersarang. Kalo martabak telur biasa disebut sebagai martabak asin karena umumnya diberi isian daging cincang, sosis ataupun isian gurih lainnya, kulit martabak telur dibuat setipis mungkin sehingga renyah dan kering saat digoreng.

Martabak berasal dari negara India. Di negara asalnya, martabak di sebut moortaba. Di India martabak, susunannya adalah sebagia berikut :
Adonan tepung terigu yang dibentuk sebesar telur bayam, dibanting, dilebarkan diatas kaca, marmer atau seng, setelah membentuk ukuran berdiameter kurang lebih 40 cm, kemudian diisi telur/kentang dan digoreng. Setelah itu dihidangkan dengan kare kambing/gulai.
Di negeri India, makanan lain sejenis martabak telur adalah : Nan, Roti Cane, Chappaty, Purata, Poory, Samosa. Makanan-makanan tersebut masuk pada kategori makanan sedang/ringan. Dan bisa juga menjadi menu makanan utama disana.

Berikut saya sajikan jenis-jenis martabak yang umum ada di Indonesia:
1. Martabak Manis

2. Martabak Mini / Unyil 

3. Martabake Telor

No comments:

Post a Comment