Friday, June 29, 2012

Bursa Transfer Djarum ISL Musim 2010/11





BeritaSepakBola. Kompetisi Djarum ISL musim 2010/11 baru akan bergulir pada 18 September, tapi sejumlah kontestan sudah terlihat agresif dalam bursa transfer. Khususnya di sektor pelatih. Harapannya semakin cepat nahkoda didatangkan, semakin cepat pula komposisi tim terbentuk.
Lihat saja Persema, mereka resmi menggaet Timo Schuenemann. Begitu resmi mencapai kesepakatan kontrak, Timo mulai mencari pemain yang mendukung skema permainan yang diinginkan.
Gelandang sayap eks punggawa Merah Putih, Elie Aiboy, yang kontraknya dengan Persidafon berakhir awal bulan ini, menjadi salah satu pemain yang direkomendasikan arsitek asal Jerman itu ke manajemen Persema.
Bek sayap asal Persipura, Erol Iba, dan striker Persitara, Tatan, juga menjadi objek buruan. Khusus ELie, negosiasi dilakukan dengan bantuan Hermansyah, pelatih kiper Persidafon yang kini merapat ke Persema.
Jika bergabung ELie akan menjadi pemain ke 13 yang direkrut Persema. Dua belas pemain lainnya adalah pilar lawas, termasuk dua pemain asing, Seme Patrick dan Robbie Gaspar.
“Kami berharap sebelum bulan Ramadhan komposisi tim sudah tersusun,” tutur Hadi Santoso, manajer Persema.
Timo juga meminta Persema melobi gelandang Indonesia keturunan Jerman, Kim Kurniawan.
Langka cekatan juga dilakukan Persib. Maung Bandung secara resmi mengontrak pelatih asal Prancis, Darko-Daniel Janackovic. Eks pelatih klub CSC Algeria itu akhir pekan lalu sudah tiba di Bandung. Ia menginap di Hotel Aston untuk segera meneken kontrak semusim dengan Maung Bandung.
“Saya merekomendasikan enam pelatih asing ke Persib. Mereka memilih Darko karena memiliki jam terbang tinggi di sejumlah klub top Eropa,” ujar Jaime Rojas, agen sang pelatih.
Darko secara resmi akan menukangi Eka Ramdani dkk seusai Piala Dunia 2010, tepatnya sejak babak 8 besar Piala Indonesia bergulir. Pekan ini ia sudah memulai sesi latihan dengan para pemain. Target utama yang dibebankan kepadanya adalah membawa Persib juara ISL musim depan.

menunjukkan hanya sedikit bomber lokal yang bisa mencuat didaftar atas pencetak gol tertinggi di ajang Indonesia Super League maupun Piala Indonesia.
Kenyataan ini juga dapat terlihat pada bursa transfer menjelang musim 2010/11. Banyak klub yang ramai-ramai berburu penyerang asing untuk meningkatkan daya dobrak. Iming-iming kontrak yang ditawarkan fantastis, rata-rata menembus angka Rp 1 miliar.
Lihat saja striker asal Singapura, Noh Alam Shah yang menjadi salah satu pemain kunci Arema menjadi juara ISL musim ini. Ia diiming-imingi kontrak hampir dua kali lipat oleh Persib jika mau hengkang dari tim Singo Edan.
Saat mendarat di Malang, Alam mendapat kontrak Rp 875 juta. Menurut bocoran, tim Maung Bandung siap membandrolnya Rp 1,5 miliar. Selain Alam, Persib juga berencana memboyong rekan senegaranya di Arema, M.Ridhuan.
Kedatangan Alam sudah pasti membuat posisi bomber asal Uruguay, Cristian Gonzales tersingkir. Manajemen Persib memang enggan memperpanjang kontrak El Loco karena penampilannya dinilai mulai menurun lantaran termakan usia.
Walau demikian, Gonzales tidak perlu cemas. Berbekal prestasi hattrick top skor kompetisi kasta elite, ia tetap menjadi magnet. Rahmad Darmawan, yang bakal menukangi klub baru musim depan, menyatakan berminat menggaet striker berusia 33 tahun itu.
Striker asing lain yang hot di bursa transfer adalah top skor ISL musim ini, Aldo Barreto. Striker asal Paraguay tersebut diperebutkan banyak klub. Persija, PSM, dan Persiba kebarnya tengah menggoda Aldo.
Manajemen Bontang FC memagarinya dengan kontral tinggi Rp 1,4 miliar, naik Rp 200 juta dibanding kontrak lama. Hanya PSM tak gentar dengan psywar Bontang FC. “Kami punya senjata rahasia yang bisa membuat Aldo terpikat. Ia punya kedekatan historis dengan PSM karena awal karirnya ia bermain di sini,” kata Hendra Sirajuddin, manajer PSM.

No comments:

Post a Comment